Syarat & Ketentuan

KETENTUAN DAN SYARAT PENGIRIMAN PEX INDONESIA

a. Barang berbahaya yang mudah mudah meledak atau terbakar, obat – obatan terlarang, barang – barang yang menurut pihak berwajib dilarang diproduksi dan diedarkan.

b. Barang – barang berharga dan surat berharga berupa diantaranya : emas, perak, perhiasan, uang tunai, abu, cyanide, platinum atau batu metal berharga, cek tunai, Biliyet Giro, Money Order atau travelers cheque, barang antik, likisan antik.

c. Barang – barang yang melebihi declare value dan/atau barang – barang lain yang ditetapkan bedasarkan kebijasanaan PEX Indonesia.

tentang isi KIRIMAN yang dinyatakan pada saat pengiriman dan petugas PEX Indonesia akan mengisi pernyataan PENGIRIM.

ketidaksesuaian antara pernyataan isi KIRIMAN dengan isi phisik KIRIMAN sebenarnya atau KIRIMAN tersebut diduga akan membahayakan keselamatan umum yang berakibat pada adanya akibat hukum bagi PEX Indonesia baik secara perdata maupun secara pidana.

Apabila pada hari itu juga dan/atau dikemudian hari terjadi permasalahan yang menyebabkan rusaknya KIRIMAN dan ternyata isi KIRIMAN tidak sesuai dengan pengakuan PENGIRIM, maka PENGIRIM yang bertanggung jawab atas kerusakan KIRIMAN yang tidak sesuai dengan pengakuan PENGIRIM dan dengan tidak mengurangi hak PEX Indonesia untuk menempuh upaya hukum baik perdata maupun pidana, atas keterangan tidak benar yang telah diberikan oleh PENGIRIM (bila dianggap perlu).

a. Kebocoran pada barang cair dan/atau karena sifat barang tersebut mudah bocor.

b. Penahanan dan/atau penyitaan serta pemusnahaan KIRIMAN oleh pejabat yang berwenang.

c. Kerusakan, Keterlambatan ataupun Kehilangan karena keadaan memaksa (force majeure) yang diakibatkan baik karena bencana alam, keadaan darurat atau hal lain yang tidak terukur dan/atau diluar kemampuan manusia.

Tanggung jawab PEX Indonesia berakhir sejak diterimanya KIRIMAN dan tidak adanya keluahan / klaim atas KIRIMAN tersebut pada saat itu saat ditandatanganinya RESI oleh siapapun dialamat PENERIMA, kecuali sebelumnya ada kesepakatan ada kesepakatan lain antara PENGIRIM dengan PEX Indonesia.

maka PEX Indonesia memberi kesempatan 5 (lima) hari kerja sejak estimasi waktu penyampaian bagi PENGIRIM untuk mengajukan klaimkepada PEX Indonesia dalam hal KIRIMAN tidak diterima, hilang, rusak maupun kurang.

a. Bilaman terjadi kehilangan, kerusakan atau kekurangan atas KIRIMAN yang tidak diasuransikan, penggantian ganti rugi akan diberikan sesuai kesepakatan.

b. Untuk KIRIMAN BERHARGA (Special Items) dan KIRIMAN yang berharga 10 (sepuluh) kali biaya pengirimanan, wajib diasuransikan kepada perusahaan asuransi yang telah bekerjasama denga PEX Indonesia. Resiko apabila terjadi kehilangan, kerusakan dan/atau kekurangan jumlah terhadap KIRIMAN yang tidak diasuransikan menjadi tanggung jawab PENGIRIM.

a. Identitas PENGIRIM yang masih berlaku.

b. RESI Pengiriman.

Apabila diasuransikan harus disertakan dengan Surat Asuransi PEX Indonesia, dokumen – dokumen tersebut akan dicocokan dengan dokumen yang berada di PEX Indonesia. apabila ada perbedaan, maka PEX Indonesia akan memutuskan bedasarkan dokumen yang ada pada PEX Indonesia.